Cek Nama Anda di cekbansos.kemensos.go.id, BST Rp600 Ribu Cair Juli

- 5 Juli 2021, 08:27 WIB
Cara cek daftar penerima bansos tunai BST Rp 300.000 di link cekbansos.kemensos.go.id, dan kriteria menurut Menkeu saat PPKM Darurat.
Cara cek daftar penerima bansos tunai BST Rp 300.000 di link cekbansos.kemensos.go.id, dan kriteria menurut Menkeu saat PPKM Darurat. /Tangkap layar: Instagram.com/@kemensosri

PORTAL BOJONEGORO – Untuk mengatasi dampak dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3-20 Juli 2021, Kementerian Sosial akan segera menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST).

Menteri Sosial Tri Rismaharini, menyampaikan terkait terkait penyaluran BST paling lambat pekan depan bansos dapat tersalur.

"BST akan disalurkan untuk Mei dan Juni, setelah sebelumnya berhenti di April. Kita berharap pekan ini atau paling lambat pekan depan bansos ini dapat tersalur," ujar Mensos Risma dikutip dari Antara, Jumat 2 Juli 2021.

Baca Juga: Buruan Klaim, Update Kode Redeem PUBG Senin 5 Juli 2021 Dapatkan Hadiah Menarik

BST senilai Rp300 ribu per bulan disalurkan setiap awal bulan, sedangkan Mei-Juni akan diberikan sekaligus sebesar Rp600 ribu.

Bantuan tersebut menyasar 10 juta penerima bantuan, penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebanyak 18,8 juta, serta penerima Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 10 juta.

Penyaluran BST akan dilakukan seperti sebelumnya yaitu melalui kantor pos, sedangkan untuk BPNT dan PKH akan disalurkan melalui jaringan Himpunan Bank-bank Negara (Himbara).

Baca Juga: Segera Klaim, Kode Redeem ML ‘Mobile Legend’ Aktif 5 Juli 2021 Dapatkan Hadiah Menarik

"Jadi, mudah-mudahan paling telat bisa direalisasikan pekan kedua bulan ini dan kita usahakan agar semua bisa tersalurkan kepada warga," katanya.

Untuk penyaluran bantuan bagi warga tidak mampu yang terdampak pandemi COVID-19 tersebut, Kemensos mendapat tambahan anggaran untuk dua bulan yaitu Mei-Juni sebanyak-banyaknya Rp2,3 triliun.

Untuk mengecek nama penerima Bansos BST Kementerian Sosial (Kemensos), ikuti langkah ini:

Baca Juga: Segera Klaim Hadiahnya, 11 Kode Redeem FF 'Free Fire' Senin 5 Juli 2021

  1. Kunjungi laman https://cekbansos.kemensos.go.id/ dengan menggunakan eKTP.
  2. Pilih Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan dan Desa sesuai alamat yang ada di eKTP.
  3. Setelah itu ketikkan nama lengkap sesuai dengan eKTP yang dimiliki.
  4. Paling penting masukkan 8 huruf kode captcha sesuai yang diminta oleh program. Perlu diperhatikan jika tidak jelas kode yang diberikan maka silahkan ganti kode dengan mengklik ikon dua tanda panah memutar di samping kotak pengisian kode.
  5. Jika dirasa sudah benar data yang dimasukkan maka klik tombol ‘Cari data’.
  6. Terakhir apabila terjadi error maka lakukan refresh atau ulangi ke halaman tersebut dan pastikan koneksi ke Internet stabil.
  7. Lalu akan muncul kotak dialog nominal bantuan yang akan cair jika lolos dan mendapatkan bantuan BST.
  8. Langkah selanjutnya untuk pengambilan Bansos BST tersebut akan menerima undangan dari ketua RT/RW atau pemerintah desa setempat.

Baca Juga: Inilah Keutamaan Pahala dan Bacaan Niat Puasa Kamis

Berikutnya KPM akan mendatangi kantor yang sudah tertera di undangan untuk mengambil Bansos BST dengan membawa berkas berupa Fotocopy dan Asli eKTP, Kartu Keluarga (KK) dan surat undangan yang telah diterima dari Ketua RT/RW.

Jika KPM mengalami hambatan dalam melakukan proses pencairan dana Bansos BST maka dapat menghubungi ke WhatsApp (WA) di nomor 08111022210 atau melalui email yakni [email protected].***

Editor: Ainur Rofik


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah