Solar Langka di Sejumlah Daerah Akibat Kuota Meleset

- 8 November 2021, 15:59 WIB
Ilustrasi sopir truk membeli solar subsidi, Solar Langka di Sejumlah Daerah Akibat Kuota Meleset.
Ilustrasi sopir truk membeli solar subsidi, Solar Langka di Sejumlah Daerah Akibat Kuota Meleset. /Dokumen Aptrindo Banten

Portal Bojonegoro – Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar di beberapa wilayah tanah air, berapa pekan terakhir mengalami kelangkaan.

Menurut Serikat Pekerja Pertamina Seluruh Indonesia (SPPSI) Jakarta, menilai kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar di beberapa wilayah Indonesia, akibat penyaluran kuota solar yang meleset dari biasanya.

"Saya melihat kelangkaan solar yang terjadi ini bukan kesalahan Pertamina dalam memproduksi dan menyalurkan solar, tapi ini kemungkinan akibat penentuan kuota meleset dari kondisi di lapangan seiring dengan kebijakan PPKM," kata Ketua Umum SPPSI Jakarta, Muhamad Anis dalam keterangan resminya di Jakarta, dalam kutipan Antara News, Minggu, 7 November 2021.

Baca Juga: Tiga Penambang Sukabumi Tertimbun Longsor

Ia mengatakan sesuai dengan Perpres No. 69 Tahun 2021 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak, Pertamina mendapat penugasan dari pemerintah selaku operator untuk mendistribusikan BBM ke seluruh pelosok tanah air.

Pemerintah melalui BPH Migas telah menentukan kuota alokasi BBM subsidi yang dapat disalurkan kepada masyarakat.

Sehingga berapapun kuota yang diputuskan oleh BPH Migas akan menjadi dasar bagi Pertamina untuk melakukan proses pendistribusian BBM subsidi kepada masyarakat.

"Ketika itu diputuskan, misalkan 15,8 juta kilo liter untuk satu tahun, maka Pertamina harus menjalankan perintah itu. Siapkan dan salurkan 15,8 juta kilo liter," ujar Anis.

Baca Juga: Tenggelamnya KM Liberty 1, Tumpahan Minyak Ditemukan di Barat Daya Denpasar

Halaman:

Editor: M. Irzal

Sumber: Antara


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah