Bikin Nagih, Bongkar Rahasia Resep Sambal Pecel Lele Pinggir Jalan

- 24 Juli 2022, 13:43 WIB
Resep membuat masakan Pecel Lele yang enak dan cocok untuk hidangn keluarga
Resep membuat masakan Pecel Lele yang enak dan cocok untuk hidangn keluarga /

PORTAL BOJONEGORO – Pecel lele adalah hidangan wajib bagi kita yang suka kuliner pinggir jalan dengan sambalnya yang bikin nagih, menjadi primadona tersendiri walaupun dengan warung yang sederhana.

Lele goreng yang simple mungkin bagi kita cukup gampang untuk membuatnya dirumah tapi tidak dengan sambalnya yang ada resep tersendiri.

Mari kita bongkar rahasia resep sambal pecel lele ala pinggir jalan.

Baca Juga: Cara Mudah Download Video YouTube di Handphone Tanpa Menggunakan Aplikasi

1. Sambal Pencit Pecel Lele

Menyantap pecel lele dengan sambal pencit terdengar sangat menyegarkan, bukan? Asamnya pencit dan pedasnya cabe, pasti akan sangat cocok jika disantap bersama pecel lele. Siapkan pencit atau mangga muda, kupas dan potong memanjang kecil-kecil. Jangan lupa siapkan juga hasil gorengan cabe rawit merah dan hijau, bawang merah dan putih, serta tomat. Haluskan bahan-bahan yang sudah digoreng dengan garam secukupnya. Langkah terakhir adalah campurkan irisan pencit atau mangga muda ke dalam sambal.

2. Sambal Urap Pecel Lele

Sudah sering ditemui saat memesan pecel lele di pinggir jalan dan diberi sambal urap. Selain sehat, sambal urap juga bisa diatur kepedasannya loh

Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan bermacam sayuran seperti kacang panjang, kecambah, dan kubis.

Kemudian rebus sampai matang. Untuk sambalnya, siapkan parutan kelapa, cabe rawit merah, bawang merah dan putih, daun jeruk, serta kemiri.

Goreng cabe, bawang, dan kemiri sampai matang kemudian haluskan bersama sedikit garam dan kemiri. Jika sudah halus campurkan dengan parutan kelapa. Setelah itu tambahkan potongan-potongan sayur yang sudah direbus tadi dan campurkan sampai rata.

3. Sambal Cabe Ijo Pecel Lele

Sedikit jarang untuk menemui pecel lele dengan sambal hijau. Meskipun begitu, sambal ijo tetaplah cocok untuk pecel lele karena rasanya yang sangat enak dan pedas. Siapkan cabe rawit hijau, cabe besar hijau, bawang putih dan merah, serta ketumbar. Goreng bahan-bahan tadi sampai matang dan tiriskan.

Halaman:

Editor: Ainur Rofik


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini