Budidaya Pertanian Dengan Memanfaatkan Lahan Terbatas di Perkotaan

- 22 Oktober 2021, 06:55 WIB
Pelatihan budidaya tanaman dengan metode hidroponik, Budidaya Pertanian Dengan Memanfaatkan Lahan Terbatas di Perkotaan.
Pelatihan budidaya tanaman dengan metode hidroponik, Budidaya Pertanian Dengan Memanfaatkan Lahan Terbatas di Perkotaan. /Pemkot Surabaya

Portal Bojonegoro - Saat ini budidaya pertanian diperkotaan kian disukai dengan memanfaatkan lahan terbatas bangunan maupun gedung ditengah kota.

Hal tersebut disampaikan oleh Pakar agronomi Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, Sumatera Selatan, Prof. Benyamin Lakitan.

Dimana beliau menyampaikannya didepan ratusan peserta dari 17 provinsi, beliau menyatakan pertanian perkotaan (urban farming) yang memanfaatkan lahan terbatas di perkotaan, dapat meningkatkan kualitas lingkungan.

Baca Juga: Kenali Jawa Timur, 9 Kota dengan 29 Kabupaten dan Memiliki 5 Kota Terkaya

"Selain untuk produksi pangan, budidaya pertanian di perkotaan juga dilakukan untuk tujuan estetika dan peningkatan kualitas lingkungan," kata Benyamin dalam seminar nasional 'Sustainable urban farming, solusi persoalan pangan di era pandemi Covid-19' yang digelar PUR-PLSO Unsri di Palembang, sebagaimana kutipan Antara News.

Pakar agronomi Unsri itu menjelaskan, bahwa pertanian perkotaan yang umum dilakukan adalah model hidroponik dan vertikultur atau budidaya vertikal pada dinding bangunan dan di atas atap beton bangunan tinggi.

Kelompok tanaman yang dominan dibudidayakan di perkotaan adalah berbagai jenis sayuran dan tanaman hias.

Baca Juga: 5 Kelurahan di Dua Kecamatan Samarinda Terendam Banjir

Pertanian perkotaan dinilai sebagai solusi teknologi pertanian yang ideal di masa depan, karena dapat dilakukan di lahan terbatas mulai skala rumah tangga, dan secara teknologi mendukung keberadaan ruang hijau bagi peningkatan kualitas kesehatan lingkungan, katanya.

Halaman:

Editor: M. Irzal

Sumber: Antara


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini