Pemdes Klampok dan Komunitas BTD Gelar Kajian Sejarah Bojonegoro

- 26 Juni 2022, 18:44 WIB
Pemdes Klampok dan Komunitas BTD Gelar Kajian Sejarah Bojonegoro
Pemdes Klampok dan Komunitas BTD Gelar Kajian Sejarah Bojonegoro /

PORTAL BOJONEGORO – Pemerintah Desa (Pemdes) Klampok berkerjasama dengan Komunitas Bodjonegoro Tempo Doeloe (BTD) mengelar acara Ngopi Bareng Kajian Sejarah Bojonegoro, bertajuk “Apa itu Sejarah, Mengapa Belajar Sejarah?” di Balai Desa Klampok, Sabtu 25 Juni 2022.

Kepala Desa Klampok, Agus Suprianto, mengatakan acara kajian sejarah bisa memberikan sebuah ilmu dan wawasan mengenai sejarah yang ada di Bojonegoro.

“Masih banyak sejarah yang belum tercatat dan ada juga penemuan sejarah yang baru terungkap, sehingga saya berharap kajian sejarah ini bisa dijadikan sebuah buku agar catatan sejarah Bojonegoro bisa tersaji secara komplit untuk menambah khazanah maupun referensi sejarah kepada masyarakat,” ujar Agus.

Baca Juga: Ingin Turunkan Kolesterol Dengan Cepat, Cukup Konsumsi 5 Sayuran Berikut Ini

Agus juga berharap acara kajian sejarah ini bisa menjadi tranfer ilmu dari Narasumber kepada warga Klampok, terutama kepada para remaja, “karena saya menaruh sebuah harapan kepada pemuda ada sebuah perubahan besar untuk terus melestarikan sejarah agar tidak lekang oleh waktu,” ungkapnya.

Narasumber Niko Fatkuria, selaku Pengiat Sejarah Era Majapahit, menyampaikan di masa Majapahit nama Bojonegoro belum dikenal dan lebih dikenal dengan nama Matahun dengan rajanya bernama Bhre Matahun.

“Mayoritas pekerjaan masyarakat Bojonegoro pada era Majapahit sebagai pengerajin kayu, sedangkan di era Majapahit akhir berganti menjadi pengerajin logam” ungkap Niko.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Usus dengan Membatasi Konsumsi Pemanis Buatan, Berikut Penjelasannya

Menurut Narasumber Karebet Mangun kusumo selaku Pengiat era Demak – Mataram, setiap batu nisan itu menyimpan informasi penting sebuah sejarah, terutama berkaitan dengan jenis batu, bentuk nisan, motif dan ornamen nisan, bahasa serta aksara yang digunakan.

Halaman:

Editor: Ainur Rofik


Tags

Artikel Rekomendasi

Terkait

Terkini